Senin, 19 Desember 2011

RAGAM DIALOG

Ragam Dialog Interaktif
         Dialoque style adalah cara yang digunakan untuk mengorganinasikan berbagai teknik dialog. Secara umum dikelompokan menjadi 9 kategori yaitu command line, programming language, natural language interface, menu, form filling, ikon, windowing system, manipulasi, interaksi grafis.
Sifat penting :
   1.Inisiatif (sifat dasar: komputer & pengguna)
   2. Keluwesan/Fleksibel (kemampuan system mencapai tujuan lewat sejmlh cara berbeda)
   3. Kompleksitas (kompleksitas implementasi semakin bertambah besar)
   4. Kekuatan (jlh kerja system u/setiap perintah pengguna) dan
   5. Beban informasi (penyajian informasi yg baik).

Dialog Berbasis Perintah Tunggal (Command Line)
         Ragam yang paling konvensional, tergantung pada sistem komputer yang dipakai, dan berada dalam suatu domain perintah (command language). contohnya : DOS (C:\>DIR,C:\DOS>FORMAT A: /S) dan UNIX (vi, ls, who, lpr, passwd).
Keuntungannya : Cepat, efisien, akurat, ringkas, luwes, inisiatif olh pengguna, appealing.
Kekurangannya : Memerlukan pelatihan yg lama, membutuhkan penggunaan yg teratur, beban ingatan yang tinggi, jelek dlm menangani kesalahan.

Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman
        Memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah kedalam suatu berkas (batch file). Tidak harus menggunakan salah satu bahasa pemrograman baik rendah maupun tinggi (assembbler, pascal, c, fortran, java, atau pun basic ), tetapi harus mengikuti aturan - aturan tertentu.

Antarmuka Berbasis Bahasa Alami (natural language)
        Dalam fiksi ilmiah sering kali ada komunikasi IMK lewat suatu bahasa ucapan yang secara jelas memanfaatkan bahasa alami. Contoh : cetak daftar semua mahasiswa yang mempunyai IP semester lebih besar dari 3.0. Diterjemahkan dengan dBase atau foxpro >>>> DISPLAY ALL FOR IPSEM  >3.0.
Keuntungannya : tidak  memerlukan sintaksis khusus, luwes, dan powerfull, alamiah, merupakan inisatif campuran.
Kerugiannya     : Mempunyai dualisme, tidak presis, bertele-tele, Opaque, perancangan perangkat lunak yg rumit, tidak efisien.

Sistem Menu
        Pilihan tepat untuk menunjukan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada pengguna. Menu adalah daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa suatu kalimat atau kumpulan beberapa kata.
Dua jenis sistem menu :
1. Sistem menu datar : sistem menu yang menampilkan semua pilihan secara lengkap.
2. Sistem menu tarik (pulldown) : sistem menu yang menampilkan pilihan dalam kelompok - kelompok tertentu.

Sistem Penjendelaan
        Secara umum window adalah bagian dari layar yang digunakan untuk  menampilkan suatu informasi.

Manipulasi langsung
      1. Kontrol proses
      2. Editor Teks
      3. Simulator
      4. Kontrol lalu lintas penerbangan
      5. Perancangan bentuk/model

Antar muka berbasis interaksi grafis 
      Program - program yang berkemampuan Hypertext (link).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar