Dokumentasi
• Membuat sketsa pada kertas
• Menggunakan piranti prototipe GUI
• Menuliskan tekstual yg menjelaskan kaitan antara satu jendela dengan jendela yg lain
• Menggunakan piranti bantu CASE (Computer-aided Software Engineering)
CARA PENDEKATAN
• Program Aplikasi
• Special purpose software (pengguna khusus)
• Exp: inventori gudang,akademis mahasiswa,reservasi hotel dll)
• Pendekatan : user-centered design approach (melibatkan pengguna)
• General purpose sofware (publik/banyak pengguna)
• Pendekatan : customization
• Exp: setting pada Display Properties
• Dapat menggunakan pendekatan-pendekatan lain asalkan tidak mengabaikan pengguna.
PRINSIP DAN PETUNJUK PERANCANGAN
• Urutan Perancangan :
• Pemilihan Ragam Dialog (disesuaikan)
• Perancangan Struktur Dialog (banyak libatkan pengguna untuk diskusi)
• Perancangan Format Pesan (segi efisiensi exp: penggunaan tombol u/ mengurangi pengetikan)
• Perancangan Penanganan kesalahan (Validasi pemasukan data, proteksi pengguna, pemulihan dari kesalahan, penampilan pesan salah)
• Perancangan Struktur Data (menentukan Sdat yg cocok dan mendukung)
• Perancangan Tampilan Berbasis Teks
• Urutan Penyajian (disesuaikan dengan model pengguna yg telah disusun)
• Kelonggaran (Spaciousness) : tabulasi dan spasi mempermudah dlm pencarian teks.
• Pengelompokan (data yg berkaitan dikelompokkan)
• Relevansi (pesan-pesan yg relevan dgn topik yg sedang tampil)
• Konsistensi (perancang konsisten menggunakan ruang tampilan (Frame)
• Kesederhanaan (cara paling mudah menyajikan informasi yg dipahami dan cepat)
• Perancangan Tampilan Berbasis Grafis
- Ilusi pada objek-obyek yg dapat dimanipulasi
• Gunakan kumpulan obyek
• Keyakinan bahwa mudah dimengerti pengguna
• Mekanisme yg konsisten untuk memanipulasi obyek
- Urutan Visual dan fokus Pengguna
Gunakan rangsangan visual tertentu untuk maksud tertentu, exp: simbol berkedip u posisi cursor.
- Struktur Internal
Reveal Code : tanda khusus untuk menunjukkan perbedaan Font style.
- Kosakata grafis yang konsisten dan sesuai (gunakan simbol yg sama untuk tujuan yang sama)
-Kesesuaian dengan media ( memenuhi permintaan pengguna akan aspek kenyamanan dan keramahan antarmuka)
• Waktu Tanggap
waktu tanggap lebih dari 14 detik menyebabkan perhatian pengguna terpecah ke aktifitas lain.
Waktu tanggap kurang dari 2 detik dianggap memadai.
• Penanganan Kesalahan
Kesalahan pada saat implementasi program
kesalahan sintaksis yg secara langsung dideteksi oleh kompiler/ compile-time error.Exp: operator / dengan div, Type Mismatch
Kesalahan Logika ketika program sedang dijalankan/run time error/fatal error.
penyebab : data tidak sah dari pengguna dan proses eksekusi.
PIRANTI BANTU SEDERHANA
Lembar Kerja Tampilan (LKT) / screen design work sheet. Berbentuk lembaran kertas yang tidak perlu dipersiapkan secara khusus, tetapi dapat menggunakan sembarang kertas kosong
JARING SEMANTIK TAMPILAN
Agar pemogram tidak perlu membolak-balik lembar kerja pada saat ia menuliskan program untuk disesuaikan dengan navigasi pada setiap lembar kerja, akan lebih mudah dengan menggambarkannya lewat suatu bagan yg disebut Jaring Semantik tampilan.
2 komponen :
• Nomor Tampilan (lembar kerja)
• Transisi yg menyebabkan perpindahan ke tampilan lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar