Rabu, 28 Desember 2011

KEBERGUNAAN


Kepuasan Berinteraksi
0        Konsistensi : urutan tindakan perlu dijaga,penggunaan pesan,menu,warna,tata letak,jenis huruf,dll
0        Fasilitas Kunci-cepat : fitur singkatan, kunci-kunci khusus,perintah tersembunyi dll,waktu tanggap singkat dan kecepatan penampilan.
0        Umpan balik yang informatif
0        Rancangan dialog yg mengarah ke penutupan (closure) : Urutan tindakan diorganisir (bagian awal,tengah dan akhir)
0        Pencegahan dan penanganan kesalahan
0        Pembalikan tindakan yg mudah (reversible)
0        Dukungan pada locus of control internal : menghasilkan tindakan yg di inginkan u/mengurangi kecemasan dan ketidak puasan pengguna
0        Pengurangan beban memori jangka pendek  : kurangi frekuensi perpindahan window dan pembelajaran sistem yg rumit dan lama.
Definisi Kebergunaan
0        Derajat kemampuan sebuah perangkat lunak untuk membantu penggunanya menyelesaikan sebuah tugas
0        Menurut Dix, et al.,(2004) keberhasilan tsb ditentukan oleh tiga kata “guna” :berguna (useful), dpt digunakan (usable) dan digunakan (used).
0        Nielsen (2003) : 5 buah komponen kualitas u/menentukan kebergunaan
0        Kemampuan untuk dipelajari
0        Efisiensi
0        Mudah diingat
0        Kesalahan dan keamanan
0        kepuasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar