Kepuasan Berinteraksi
0 Konsistensi : urutan tindakan perlu dijaga,penggunaan pesan,menu,warna,tata letak,jenis huruf,dll
0 Fasilitas Kunci-cepat : fitur singkatan, kunci-kunci khusus,perintah tersembunyi dll,waktu tanggap singkat dan kecepatan penampilan.
0 Umpan balik yang informatif
0 Rancangan dialog yg mengarah ke penutupan (closure) : Urutan tindakan diorganisir (bagian awal,tengah dan akhir)
0 Pencegahan dan penanganan kesalahan
0 Pembalikan tindakan yg mudah (reversible)
0 Dukungan pada locus of control internal : menghasilkan tindakan yg di inginkan u/mengurangi kecemasan dan ketidak puasan pengguna
0 Pengurangan beban memori jangka pendek : kurangi frekuensi perpindahan window dan pembelajaran sistem yg rumit dan lama.
Definisi Kebergunaan
0 Derajat kemampuan sebuah perangkat lunak untuk membantu penggunanya menyelesaikan sebuah tugas
0 Menurut Dix, et al.,(2004) keberhasilan tsb ditentukan oleh tiga kata “guna” :berguna (useful), dpt digunakan (usable) dan digunakan (used).
0 Nielsen (2003) : 5 buah komponen kualitas u/menentukan kebergunaan
0 Kemampuan untuk dipelajari
0 Efisiensi
0 Mudah diingat
0 Kesalahan dan keamanan
0 kepuasan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar